Kamis, 11 Januari 2018

Manusia Butuh "Ruang Sendiri"

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup seorang diri tanpa orang lain. Manusia butuh orang lain di sekitarnya untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.

Tapi tidak lantas hal itu membuat manusia tidak boleh sendirian. Mengapa?


Karena manusia juga butuh "ruang" sendiri untuk dirinya. Ruang dimana mereka bisa melihat kedalam dirinya sendiri untuk mereview perjalanan hidupnya, ruang dimana mereka bisa kembali mengingat mimpi-mimpi yang mungkin belum tercapai tapi sudah terkubur dalam oleh waktu, ruang dimana mereka bisa berpikir akan masa depan yang seperti apa yang mereka inginkan, atau hanya ruang dimana mereka menikmati waktu bersama dirinya sendiri.

Manusia perlu merecharge dirinya sendiri ketika sudah berada pada titik "low". Memberi waktu pada "tubuhnya" untuk memulihkan dirinya sendiri seperti layaknya kerja tubuh kita yang memiliki sistem penyembuhan tersendiri untuk menghentikan pendarahan atau menutup luka pada tubuh kita.

Hal ini menunjukkan bahwa manusia memiliki "self-healing" yang sangat luar biasa jika kita sadari dan tau melakukannya dengan benar. Tidak selamanya berada di tengah keramaian mampu menjadi penyembuh untuk diri kita yang "lelah". Tetapi berada di "ruang sendiri" juga mampu menjadi penyembuh yang terbaik.

Saya memiliki beberapa tempat favorite yang menjadi wadah saya untuk memberi "ruang" pada diri saya sendiri, tempat yang sederhana dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang tapi mampu memberi kesejukan bagi diri saya yang penat. Saya merasa diri saya layak untuk mendapatkan "ruang sendiri" atas jerih payah yang sudah saya lakukan untuk bertahan di "medan perang".

Ingat! Dirimu juga layak dicintai, dirimu juga layak untuk beristirahat, dirimu juga layak diperlakukan special.. Beri dia ruang.. Beri dia ruang untuk bernafas, beri dia ruang untuk memulihkan dirinya sendiri, dan beri dia ruang untuk menikmati waktu bersamamu..

*Salah satu tempat favorite untuk memanjakan diri (lagi mendung)*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar