Selasa, 06 Juni 2017

Kuliah Sambil Kerja?

Di zaman sekarang ini kayanya ga heran kalo ketemu sama mahasiswa yang kuliah sambil kerja. Bukan karna mereka senang melakukan itu tapi itu seperti suatu keharusan buat mereka untuk mencari penghasilan lain selain mengharapkan kiriman dari orang tua untuk memenuhi kebutuhan mereka, tapi ga sedikit juga yang harus bekerja karna memang  ga di topang oleh siapa pun.


Aku salah satu orang yang mengalami hal itu. Semenjak masuk di semester 2, aku mutusin untuk kuliah sambil kerja. Hal itu aku lakuin bukan karna aku pengen punya uang lebih untuk jajan, tapi menang kondisi keluargaku waktu itu mengharuskan aku untuk mengurus hidupku sendiri.

Awalnya memang senang, bisa nyari uang sendiri tanpa harus minta-minta ama orang tua, tapi… setelah itu berjalan cukup lama ga bisa di pungkiri ini terasa berat banget buat aku. Waktu itu umurku masih 18 tahun kira-kira (waktu nulis ini umurku udah 23 tahun), dimana itu masa-masanya kita masih pengen main-main, masih pengen ngumpul-ngumpul ama teman, nongkrong sana-sini… tapi… aku ga bisa ngelakukan itu semua karna jam 8.45am sampai 4.00pm aku harus kerja, trus jam 4.30pm sampai 8.30pm aku harus kuliah.

Jangan tanya berapa kali aku nangis, jangan tanya berapa kali aku nyalahkan keluargaku, dan bahkan jangan tanya berapa kali aku nyalahin Tuhan.. ini bener-bener ga mudah buat aku..

“Tuhan… aku pengen kaya teman-temankku”
 “Tuhan… kenapa aku berbeda dengan orang lain?”
“Tuhan… aku pengen punya keluarga kaya teman-temanku”
“Tuhan… beban ini terlalu berat untuk aku.. aku pengen punya kehidupan kaya teman-temanku yang tanggung jawabnya cuma kuliah, yang bisa main, bisa jalan-jalan, dan bisa ngelakuin apapun yang mereka mau, bisa beli apapun yang mereka mau..”
“Kapan ini berakhir Tuhan?”

Percayalah, itu semua hanya sebagian kecil dari semua keluh kesah ku yang selalu aku bilang ke Tuhan.  Ada lebih banyak lagi yang masih tersimpan dan ga bisa aku ungkapin ke siapapun.. sampai pada satu titik, dimana aku bener-bener hopeless dengan kehidupanku, aku bener-bener ngerasa aku ga punya siapa pun, aku bener-bener kehabisan kekuatan untuk bertahan sampai akhirnya aku sempat memutuskan untuk bunuh diri..  aku sudah terduduk di kamar mandi sendirian dengan sebuah pisau di tangan ku..

“Tuhan.. aku bener-bener sudah ga kuat.. aku bener-bener sudah ga tau harus ngapain.. sudah Tuhan, cukup sampai disini aku bertahan.. cukup sampai disini aku berjuang.. please take me..”

Yahhh.. ini semua memang berat banget buat aku.. sempat bebrapa lama di kamar mandi itu.. tapi Tuhan ingatkan aku sama orang tuaku, sama adik ku.. Tuhan ingatkan aku kalo ini adalah harapan untuk mereka, impian mereka, harapan mereka ada di pundakku.. aku memang punya kakak yang seharusnya bisa membantu aku, yang seharusnya harapan keluarga itu ada di dalam dirinya.. tapi dia berbeda.. dia punya caranya sendiri.. dia punya jalan nya sendiri.. ini yang membuat aku akhirnya sadar, aku ga bisa menyerah sampai disini.. orang tua dan adik ku butuh aku.. butuh aku untuk bertahan supaya mereka masih punya harapan meskipun harapan itu sangat kecil.. aku ga bisa seegois itu untuk memilih jalan untuk menyerah.. aku masih punya mereka, aku masih punya tanggung jawab di pundak ku yang masih harus aku perjuangkan..

Meskipun harus tertatih-tatih.. tapi aku mulai belajar untuk melangkah lagi.. berjuang lagi..
Aku belajar untuk mendengar suara Tuhan dalam hidupku.. belajar peka mendengar panggilan Tuhan untuk kembali berharap kepada-Nya.. and praise the Lord.. ketika aku belajar berserah kepada-Nya.. Tuhan buka jalan.. Tuhan kasih orang-orang yang begitu luar biasa ada di sekitar aku untuk menopang aku, menegur ketika aku mulai goyah..mereka pemuda RAYS Ministry.. mereka keluarga keduaku..

Yahhh.. semua berubah menjadi lebih baik.. aku tetap menjalani kehidupanku seperti pada awalnya.. aku tetap kuliah sambil kerja.. aku tetap mencari uang sendiri untuk bayar kuliah, bayar kost, dan memenuhi kebutuhan ku sehari-hari.. tapi.. yang membuatnya berbeda adalah aku menjalaninya dengan sukacita, dengan rasa syukur yang teramat sangat.. hingga pada akhirnya aku menyelesaikan kuliahku.. (Yeeaaahhhh.. Praise The Lord)..

Aku ga bisa bilang apa yang ku alami ini lebih berat dari siapa pun.. karna aku yakin, di luar sana masih banyak orang yang hidupnya lebih berat dari aku, yang masalah nya lebih pelik, lebih ribet..
Tapi melalui semua itu, aku bersyukur karna  aku semakin melihat kuasa Tuhan yang luar biasa dalam hidupku, yang bikin aku makin kagum sama Tuhan.. melalui semua ini aku belajar apa arti berserah.. berserah tanpa syarat kepada Tuhan.. belajar apa itu percaya, apa itu iman..

Tuhan ga mungkin biarkan anak-anak-Nya terinjak.. Tuhan pasti pelihara.. itu janji-Nya.. tapi masalahnya, apakah kita mau di pelihara oleh Tuhan??? Mau hidup sesuai kehendak-Nya??? Nooo.. ga semua kita mau seperti itu.. ga semua kita mau hidup sesuai kehendak Tuhan.. tapi.. hampir semua kita yang menyalahkan Tuhan ketika banyak hal buruk yang terjadi dalam hidup kita.. padahal itu semua karna ulah kita sendiri.. Ga adil yaa??? Iyaa.. ini ga adil buat Tuhan..

So.. buat teman-teman yang mungkin saat ini mengalami hal yang sama atau bahkan lebih berat dari apa yang aku alami, jangan berkecil hati, jangan putus asa, jangan mudah menyerah.. Percaya, ketika kamu berserah kepada Tuhan dengan sungguh-sungguh Tuhan pasti buka jalan, ketika kamu mengangkat tangan mu kepada Tuhan, Tuhan pasti turun tangan membantumu..

Dan buat teman-teman yang mungkin saat ini bisa kuliah dengan baik, bersyukurlah.. karna banyak banget orang diluar sana yang pengen kuliah tapi ga bisa.. banyak yang pengen punya kehidupan kaya kalian tapi ga bisa.. pergunakan waktu kalian dengan baik.. pergunakan masa muda kalian untuk ngelakuin hal-hal yang berguna..

Yahh.. semoga semua ini bisa menjadi berkat buat teman-teman yang membaca, menjadi motivasi buat kalian untuk menyelesaikan pendidikan, menjadi semangat baru untuk kalian dalam menjalani kehidupan, dan biarlah ini juga menjadi bisikan kecil dalam hati kalian untuk lebih mengenal siapa Tuhan yang kalian sembah.. Tuhan memberkati kita semua..

With love,
Me..

PS: Terima kasih untuk Tuhan ku yang luar biasa, My Lord JESUS..

2 komentar:

  1. Pengalaman yang sangat menarik. Tuhan punya cara & trik tersendiri, untuk membentuk pribadi setiap orang. agar telihat baik, menarik & indah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih dian.. semoga bisa menjadi motivasi supaya lebih rajin lagi kuliahnya :D

      Hapus