Kamis, 17 Agustus 2017

Ga Ada Yang Mau Jadi Benalu

Teman-teman ada yang tau apa itu benalu?


Benalu itu termasuk tumbuhan parasit obligat yang hidup pada batang (dahan) pohon lainnya. Benalu menyerap makanan dari pohon tempat ia tumbuh sehingga merugikan pohon tersebut, kering bahkan mati.

Kenapa  di postingan kali ini aku bahas soal benalu? Karena, mungkin “benalu” adalah kata yang bisa menggambarkan apa yang aku rasakan sekarang..

Setelah memutuskan untuk berhenti kerja pada awal januari 2017 tadi untuk fokus menyelesaikan skripsiku, akhirnya sekarang ini aku nganggur.. tanpa ada pemasukan dari mana pun..

Aku emang uda selesaikan pendidikan S1 ku, dan sekarang cuma nunggu untuk di wisuda.. meskipun sudah punya gelar sarjana, ga berarti semua hal jadi gampang untuk aku sekarang, termasuk urusan nyari pekerjaan..

Uda beberapa tempat aku datangi untuk masukan lamaran kerja, tapi sampai saat ini belum ada satu pun perusahaan yang manggil..

Yahhh, teman-teman silahkan dipikirkan gimana aku harus menjalani hari-hariku tanpa ada pemasukan.. Selain minta sama kakak ku yang tinggal satu kost sama aku.. itupun, kalo aku bener-bener terdesak baru berani minta..

Dan hal itu yang bikin aku akhirnya ngerasa kalo aku ini Cuma benalu buat kakakku.

Aku yakin, ga ada orang di dunia ini yang mau menjadi benalu untuk siapapun apalagi sama orang-orang yang mereka kasihi.. aku juga gitu, aku ga pengen begini, aku ga mau jadi beban untuk siapapun..

Karna.. terkadang, kita harus siap terluka karna kondisinya kamu berhutang budi sama mereka, jadi ketika mereka melalukakn sesuatu yang bikin kamu sakit hati, kamu Cuma bisa diam dan memendam semua rasa sedih, marah, kecewa mu didalam hatimu sendiri tanpa bisa membalas..

Semua orang pasti ga mau di posisi seperti itu, karna itu menyakitkan dan pastinya memalukan..

Hemmm..

Setiap saat dalam doa ku, dalam pikiran ku.. aku selalu bilang “Tuhan, aku ga mau jadi benalu untuk siapapun, tolong kasih aku pekerjaan”..

Yahh, meskipun kita sudah berdoa pagi siang malam, usaha ini itu tapi kalo Tuhan bilang “BELUM” yaa belum..

Ada teman yang bilang “kenapa ga minta sama orang tuamu? Kan itu memang tanggung jawab mereka untuk biayai kamu”..

Iya memang.. tapi, untuk menjadi benalu buat kakak ku aja itu sudah sangat bikin aku sedih.. apalagi kalo harus menjadi benalu untuk orang tua.. mereka juga sudah tertatih-tahih untuk bikin aku dapat gelar sarjana.. haruskah aku bikin mereka terseok-seok hanya untuk membiayai kesehariaanku??? No.. aku ga mau..

So, apa yang bisa aku lakukan sekarang?

1. BERDOA..

Berserah sama Tuhan yang adalah sumber semua berkat.. tetap percaya Tuhan pasti pelihara setiap anak-anakNya.. Dia ga mungkin biarkan aku jatuh sampai tergeletak.. Dia pasti siap menopang :)

“Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?” – Matius 6:25

See... itu janji Tuhan sama kita sebagai anak-anakNya.. Burung-burung yang terbang kesana kemari, ga pergi tanam padi, ga pergi mancing cari ikan tapi tetap di kasih makan sama Tuhan.. apalagi kita, yang merupakan ciptaanNya yang paling mulia, Dia pasti pelihara..

Ga sedikit anak-anak Tuhan yang aku kenal dan bahkan aku sendiri melihat perjuangannya untuk bertahan hidup dan menyelesaikan pendidikannya tanpa di topang oleh keluarga secara finansial seperti aku, tapi tetap hidup sampai detik ini dan bahkan berhasil menyelesaikan pendidikannya.. orang yang juga sangat luar biasa percaya kepada Tuhan bahwa Tuhan pasti memelihara dia.. dia juga penulis, teman-teman bisa baca karyanya di hezomo.blogspot.com

Menangislah kalo kita pengen menangis, itu ga dilarang.. tapi, jangan sampai hal itu membuat kita kehilangan harapan untuk terus berusaha dan berjuang..

Kesusahan dan kegagalan yang saat ini kamu alami bukanlah sesuatu yang BERSIFAT PERMANENT.. ini pasti akan terlewati jika kamu terus melangkah dan berjuang.. ya kan??? :D

2. BERUSAHA..

Dan hal kedua yang saat ini bisa aku lakukan adalah tetap berusaha dan mengerjakan tanggung jawab ku dengan sukacita.. tanggung jawab beres-beres rumah, masak, cuci piring, n ofcourse cari pekerjaan, dan melakukan hal lain yang bisa aku lakukan.

Seengganya ada hal yang bisa aku lakukan untuk membantu kakak ku yang merupakan “pohon” tempat aku menempel..

Jangan hanya diam dan menangis dikamar meratapi hidup, karna itu ga akan mengubah apapun.. selain bikin mata kita bengkak.. hahahhaha

With Love,
Me

Tidak ada komentar:

Posting Komentar