Selasa, 20 Juni 2017

Mencintai Dengan Benar

Hallo shinny :D

Gimana kabar kalian saat ini? Semoga tetap bersinar dan selalu berbahagia yaa ;)

Di postingan kali ini aku mau ngajak teman-teman untuk diskusi bareng tentang sesuatu.. dan itu adalah CINTA.. hahhahaha, yang lagi jomblo pasti langsung mengkerut keningnya.. :D

Tenang aja, aku juga jomblo koq sekarang.. hiks hiks hiks..

Oke.. hal pertama yang pengen aku bahas itu adalah makna dari cinta itu sendiri..
Pernah ga sih kalian di tanya sama orang lain atau kalian nanya sama diri kalian sendiri cinta itu apa?? 
Aku sering banget ditanya dengan pertanyaan yang model begitu, dan kadang aku juga mempertanyakan itu ama diri aku sendiri..

So.. apa jawaban aku waktu di tanya soal cinta.. begini:

Aku ga tau persis apa itu cinta, aku juga ga bisa menyusun kalimat yang sangat ilmiah atau bahkan sangat diplomatis untuk menjelaskan apa itu cinta.. tapi, kalo dinilai dari pengalaman yang pernah aku lalui sih……. *tik tok tik tok*……. cinta itu……… *krik krik krik krik*………  cinta itu pengorbanan….. udah itu aja…..

Kalo menurut kalian cinta itu apa? Bingung kan jawabnya? hahhaha

Nah.. kalo di tanya soal gimana kita ngebedain antara perasaan cinta dengan perasaan lainnya aku baru bisa jawab.. begini:

Oke, kalo bagi aku pribadi sih cara untuk aku bisa tau aku bener-bener cinta ama seseorang atau engga yaa dari seberapa besar aku mau berkorban untuk dia.. berkorban yang aku maksud itu kaya seberapa besar aku rela mengorbankan waktu aku dia, mengorbankan tenaga aku buat dia, mengorbankan pikiran aku untuk dia, atau bahkan sampai aku rela mengorbankan kebahagiaan aku untuk dia..

Ketika kita ngomongin cinta, itu ga bakal lepas dari “PENGORBANAN”.. itu menurut aku.. tapi bukan berarti kita harus mengorbankan semua yang ada di hidup kita dengan seenaknya.. kita harus tetap berhikmat.. kan Tuhan sudah kasih kita otak untuk berpikir dan hati untuk menimbang.. Ya kan?

Selain itu juga, cara aku untuk tau apakah aku ini bener-bener cinta atau engga itu dengan cara merasakannya.. maksudnya itu begini, ketika kita ngomong cinta ke orang lain apa yang kita rasakan? Apakah kita senang? Atau justru hati kita menolak untuk bilang itu?

Nahh.. aku pernah tu mengalami kasus yang kaya gitu.. dulu, aku pernah pacaran lama banget sekitar 2,5 tahun.. 1 tahun pertama aku ngerasain kalo bilang cinta ke dia itu rasanya seneng banget.. apa lagi kalo denger dia yang bilang begitu ke aku.. behhh, rasanya tu kaya mau terbang..
Tapi.. 1,5 tahun setelahnya rasa itu berubah.. yang tadi nya kalo ngomong cinta itu tulus banget, tapi sekarang kaya ngerasa lagi bohong, hati aku menolak banget pas aku bilang cinta ke dia..

Nahh, yang kaya gitu tu yang aku maksud dengan “merasakan”..

Kita harus tau apa yang kita rasakan ketika kata cinta itu kita ucapkan ke orang.. apa emang bener itu yang kita rasakan, atau cuma karna terbawa suasana aja? Kita harus tau.. jangan sampai karna perkataan itu kita malah membohongi orang lain dan membohongi diri kita sendiri..

Cinta itu harusnya membawa sukacita bukan beban dalam hati kita.. jadi kita harus bener-bener mengerti dengan hati kita sendiri..

Ga perlu buru-buru untuk bilang cinta ama orang yang deket ama kita.. meskipun orang itu uda duluan bilang cinta ke kita.. karna cinta itu proses.. cinta butuh waktu untuk bisa kita rasakan (kaya lagunya vierra gitu).. hahaahhha

Bagi aku, cinta itu adalah suatu anugerah yang indah yang Tuhan kasih untuk kita boleh rasakan.. jadi, aku ga mau main-main dengan itu..

Seberapa besar cinta yang kita rasakan kepada seseorang itu bukan hal terpenting bagi aku.. tapi yang terpenting adalah apakah kita mencintai dengan benar atau engga..

“Dan inilah doaku, semoga kasihmu makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian, sehingga kamu dapat memilih apa yang baik, supaya kamu suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus, penuh dengan buah kebenaran yang dikerjakan oleh Yesus Kristus untuk memuliakan dan memuji Allah.” – Filipi 1:9-11

Cinta seharusnya ga menjadikan kita bodoh, ga menjadikan kita buta, ga menjadikan kita melupakan siapa diri kita yang sebenarnya, dan ga melupakan setiap standart hidup yang Tuhan kasih..

Cinta itu bukan keegoisan, cinta itu bukan nafsu, cinta itu bukan permainan..

Cinta seharusnya memberikan hal positif.. mendukung dan mendorong orang yang kita cintai untuk menjadi pribadi yang lebih baik, saling menguatkan, saling menopang, saling mengingatkan, saling menasehati, dan yang pasti harus bertumbuh bersama dalam kedewasaan dan dalam iman kita.

Tidak cukup hanya mencintai seseorang dengan sangat, tapi kita juga harus bisa mencintai dengan cara yang benar..

That’s the point!

Yahh, semoga pembahasan kali ini memberikan pencerahan untuk kalian-kalian yang lagi bingung sama apa yang kalian rasakan.. biar ga galau lagi.. hehehe.. atau mungkin yang punya pendapat lain tentang cinta bisa langsung komen di bawah supaya kita bisa saling berbagi juga J hehhehe

And, thank you so much buat kalian yang sudah membaca.. enjoy your day and keep shining like a sunshine :*

With Love,
Me

Tidak ada komentar:

Posting Komentar