Rabu, 29 November 2017

Bagaimana Aku Memandang Pernikahan : Seperti Sebuah Tatto

Okeh.. pembahasan kita di postingan kali ini mungkin agak sedikit (sangat) berbeda dari postingan-postingan aku sebelumnya.. bukan karna lagi kebelet nikah atau gimana.. tapi.. pengen aja nulis tentang ini..


Pernikahan kayanya bukan lagi sesuatu yang “jauh/tabu/berat/dalam” dan apapun itu yang ada dipikiran kita saat dengar kata pernikahan..

Siapa sih yang ga pengen nikah? Kayanya semua orang pengen yaa..

Tapi.. sebenernya sedalam apa sih kalian memandang sebuah pernikahan? Di usia berapa sih harusnya kita menikah? Kita harus gimana dulu sih sampe dianggap “siap” untuk menikah? Harus cari pasangan yang gimana sih kita untuk bisa dibawa ke pelaminan? Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan seputar pernikahan lainnya..

Usia aku sekarang uda 23 tahun, bahkan 2 bulan lagi uda mau masuk 24 tahun.. tua yaa?? Iyaahhhhh..

Dulu.. dulu banget.. waktu masih muda.. selalu mikirnya kalo orang sudah berada di usia 23 tahun ke atas itu udah siap untuk nikah, udah mantep lah pokoknya.. usia 23 tahun tu kaya standart usia pernikahan di mataku.. tapiiiiiiiii.. pas aku masuk di usia 23 tahun, koq aku ngerasa kaya masih bocah ,yaa, kaya masih ABG, kaya masih pengen senang-senang dulu, kaya masih pengen fokus dengan mimpi-mimpiku, dan masih ngerasa belum siap untuk nikah..

WHY???

Karna, dimataku.. pernikahan itu sesuatu yang sakral banget, sesuatu yang sangat membutuhkan komitmen yang kuat..

Kalo boleh diibaratkan, pernikahan itu seperti sebuah tattoo.. sekali kita memilih gambar tatto untuk kita  di badan kita dengan semua prosesnya yang sakit dan ga murah itu yaa gambar itu sudah yang bakal nempel di badan kita seumur hidup.. entah nanti 10 tahun kemudian gambar itu uda ga keren lagi, uda ga sesuai zaman, dan uda ga semenarik waktu pertama kali kita bikin tapi yaa tetap aja tattoo itu uda terlanjur  ada dibadan mu.. kamu harus terima..

Emang sih, masih ada cara untuk menghapus tattoo.. tapi, bukankah proses penghapusan tattonya lebih sakit dan lebih mahal dari pada bikinnya?

Sama kaya pernikahan, sekali kita memilih seseorang untuk berada di altar mengucap janji suci ya dialah sudah yang bakal ada di setiap harimu sampe kematian yang memisahkan.. mau nanti dia udah ga secantik atau seganteng dulu, kelakuan jeleknya akhirnya baru keliatan sesudah nikah, atau apapun masalah-masalah yang timbul setelah pernikahan itu yaa kita harus terima.. karna kita sudah janji dihadapan Tuhan untuk menerima dia dengan segala macam bentuknya, kelebihan dan kekurangannya..

“Yaa cerai aja kalo ga cocok lagi..”

Wahhh, ini sudah yang aku maksud menghapus tattoo lebih menyakitkan dan lebih mahal.. yahh, karna keyakinan ku ga memperbolehkan perceraian, dan ga bisa menikah lagi kalo cerai dalam keadaan pasangan kita hidup jadiii yaa begitulah.. bercerai bukan termasuk dalam solusi untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam pernikahan..

Maka dari itu.. sebelum menikah harus betul-betul di bulatkan dulu keyakinannya, komitmennya, pilihannya.. supaya nanti tidak ada lagi kata “ahh, nyesalnya aku.”

So.. dari penjelasan di atas tentang pandangan aku terhadap “Pernikahan” akhirnya membuat aku jadi pribadi yang ga gampang yakin dengan pasanganku, jadi pribadi yang sedikit pemilihan untuk urusan pasangan karna yaa aku ga pengen nyesel nantinya dengan apa yang aku pilih..

Bagi aku, ga apa-apa aku lambat nikah tapi nanti pas waktunya aku bakal menikah dengan orang yang bener-bener aku yakini, orang yang bener-bener aku mau untuk ngehabisin sisa hidupku dengan dia, orang yang bakal aku terima meskipun aka nada banyak masalah, banyak kekurangan dan perbedaan yang ada dalam pernikahan kami..

Dan kalo boleh jujur, setiap orang yang pernah jadi pacar aku, ga satu pun yang bener-bener bikin aku yakin “Tuhan, ini sudah orangnya”.. meskipun kami pacaran udah bertahun-tahun.. sampe sempat mikir jangan-jangan akunya aja kali yang terlalu parnoan sama pernikahan, atau jangan-jangan akunya yang terlalu bikin standart yang tinggi untuk seorang suami, dan lain-lain..

Tapi yaa wajar.. kan ini buat pernikahan.. orang beli sayur di pasar aja masih bisa milih-milih koq.. masa untuk pasangan ga milih-milih?? Bener ga?? Trus ada pertanyaan “Jadi kamu mau di samain ama sayur?” aduhh please deh.. ga gitu juga kali makna analoginya.. kalo untuk sesuatu yang biasa aja kita bisa pilih-pilih, kenapa untuk sesuatu yang besar dalam hidup kita malah sembarangan??

Itulah kita perlu berdoa sama Tuhan supaya bener-bener dikasih yang “SEPADAN”, yang terbaik menurut Tuhan bukan terbaik menurut kita.. percaya aja, Tuhan pasti sudah sediakan seseorang untuk kita.. asal kita tetap berdoa sambil berusaha tentunya.. hahhahah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar